7.15.2011

Element-Element dalam bahasa pemprograman


Ada berbagai macam element yang di gunakan dalam bahasa pemprograman,  dimana setiap element mempunyai fungsi dan kegunaannya masing-masing.  Berikut adalah Element-element pada bahasa pemprograman :
1.       Aturan leksikal
2.       Type data
3.       Exspression
4.       Statement
5.       Function and procesure


A.      Aturan Leksikal
-          Token
-          Komentar
-          Identifier
-          Keywords (Reserved words)
-          Operator             :   Arithmetic Operator
                                                    Assignment Operator                                                                                                                                                                    Bitwise dan Logika Operator                                                                                                                                      Relational Operator                                                                                                      
                                                    Pointer Operator

B.      Type data
Pada suatu bahasa pemprograman umumnya telah menyediakan tipe-tipe data yang sederhana (simple) maupun yang kompleks.

Type data sederhana
1.       Integer
Merupakan  bilangan bulat dan tidak mengandung pecahan seperti :  …. -3,-2,-1,0,1,2,3…..

Tipe data integer
Type
Range
Ukuran
(byte)
Shortint
-128…127
1
Integer
-32768…32767
2
Longint
-2147483648…2147483647
4


2.       REAL/FLOATING POINT
Type data  yang merupakan bilangan pecahan. Jenis data real/float ditulis dengan mengunakan titik (koma) decimal.
Misalkan : 0.32                  4,35                        -131.128

Type real dapat juga ditulis dengan rumus :       
M*Re=X

M : PECAHAN
E  : EXPONEN
R  : RADIX
X  :  HASIL BILANGAN

Misalnya : 3.2*101 =0.31
                     4.35*102=435

Type data REAL
Type
Range
Ukuran
(byte)
Float
3.4 x 10-38  s/d 3.4 x 10+38
4
Double
1.7 x 10 -308 s/d 1.7 x 10+308
8
Long double
3.4 x 10-4932 s/d 1.1 x 10+4932
10



3.       BOOLEAN
Type data yang hanya mempunyai dua bentuk keluaran yaitu nilai TRUE dan FALSE (Benar dan salah) yang dinyatakan dengan 1 dan 0. Sehingga satuan data yang terpakai cukup satu bit saja. Operator yang digunakan adalah : And, Or, Not, Xor.

4.       CHARACTER
Type data yang terdiri dari aksara (symbol) yang meliputi digit numeric, character alfabetik, dan special character. Untuk menulis tipe char, karakter perlu ditulis di dalam tanda petik tunggal (‘).
Contohnya :
‘A’ = karakter berupa huruf A
‘1’ = karakter berupa angka 1
‘*’=karakter berupa symbol

5.       STRING
Merupakan type data majemuk yang terbentuk dari kumpulan character sebanyak 256 (default)  dengan jangkauan nilai 0 – 255. Kumpulan character yang digunakan untuk membentuk string dinamakan alphabet. Pemberian nilai string dengan tanda petik ganda (“).

Bentuk umum penulisan tipe data ini adalah :
Tipe_data pengenal (panjang);
Pengenal = nama variable
Panjang    = bilangan bulat yang menunjukan jumlah karakter

Contohnya :  char nama [15];

C.      Expression
Expression yang paling sederhana yaitu nama variable. Expression yang lebih kompleks akan melibatkan operator – operator, maupun pemanggilan function atau procedure.

D.      Statement
1.       Simple statement
a.       Assignment Statement
b.      Statement untuk pemanggilan function atau procedure
c.       Jump statement

2.       Compound statement
Compound statement (kumpulan statement) adalah sekumpulan statement yang terdiri dari statement-statement lain, termasuk juga iteration dan selection statement.

3.       Iteration statement
Iteration statement digunakan untuk melakukan perulangan sekumpulan statement (compound statement)

E.       Function dan procedure
Procedure dan function disebut juga subrountine, merupakan blok statement yang dapat dipanggil dari lokasi yang berbeda di dalam program. Yang membedakan antara function dan procedure yaitu :
Suatu function jika dijalankan/dipanggil akan mengembalikan suatu nilai.
Ketika procedure atau function dipanggil, kita dapat melewatkan suatu nilai kedalam function atau procedure tersebut. nilai yang dilewatkan disebut dengan argument atau parameter.

KOMENTAR JANGAN SPAM YA ;)

Posting Komentar

terima kasih atas komentar nya...

  ©KUTU BLOG - Berbagi ilmu aja gan!!!

Template by 7SAGE | keatas gan