11.09.2011

Struktur dari sebuah program C++

Sebuah program komputer adalah urutan instruksi yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan.

Pernyataan dan ekspresi

Jenis yang paling umum dari instruksi dalam sebuah program adalah pernyataan. Sebuah pernyataan di C + + adalah unit independen terkecil dalam bahasa. Dalam bahasa manusia, itu adalah analog dengan kalimat. Kami menulis kalimat untuk menyampaikan ide. Dalam C + +, kita menulis pernyataan dalam rangka untuk menyampaikan kepada compiler bahwa kita ingin melakukan suatu tugas. Laporan di C + + adalah diakhiri dengan titik koma.

Ada banyak berbagai jenis pernyataan dalam C + +. Berikut ini adalah beberapa jenis yang paling umum dari pernyataan sederhana:

1int x;
2x = 5;
3cout << x;
int x adalah pernyataan deklarasi. Ini memberitahu compiler bahwa x adalah variabel. Semua variabel dalam sebuah program harus dideklarasikan sebelum mereka digunakan. Kita akan berbicara lebih lanjut tentang variabel lama.x = 5 adalah sebuah pernyataan penugasan. Ini memberikan nilai (5) ke sebuah variabel (x).cout <<x; adalah pernyataan output. Ini output nilai dari x (yang kita set ke 5 dalam laporan sebelumnya) ke layar.
Compiler ini juga mampu menyelesaikan ekspresi. Ekspresi adalah sebuah entitas matematika yang mengevaluasi ke nilai. Misalnya, dalam matematika, ekspresi 2 +3 mengevaluasi ke nilai 5. Ekspresi dapat melibatkan nilai-nilai (seperti 2), variabel (seperti x), operator (seperti +) dan fungsi (yang mengembalikan nilai output berdasarkan beberapa nilai masukan). Mereka dapat tunggal (seperti 2, atau x), atau senyawa (+ x, x + y, atau (2 + x) * (y-3) seperti 2 +3, 2).
Sebagai contoh, pernyataan x = 2 + 3, adalah pernyataan penugasan yang valid. Ekspresi 2 +3 mengevaluasi ke nilai 5. Nilai dari 5 yang kemudian ditugaskan untuk x.
Fungsi
Dalam C + +, pernyataan biasanya dikelompokkan ke dalam satuan yang disebut fungsi. Fungsi adalah kumpulan pernyataan yang mengeksekusi berurutan. Setiap C + + program harus mengandung fungsi khusus bernama main (). Ketika C + + program dijalankan, eksekusi dimulai dengan bagian dalam pernyataan pertama dari main (). Fungsi biasanya ditulis untuk melakukan pekerjaan yang sangat spesifik. Sebagai contoh, sebuah fungsi bernama Max () mungkin berisi pernyataan bahwa angka-angka yang mana dari dua angka lebih besar. Sebuah fungsi bernama CalculateGrade () mungkin menghitung nilai siswa. Kita akan berbicara lebih banyak tentang fungsi kemudian.
Perpustakaan
Perpustakaan adalah kelompok fungsi yang telah "dikemas" untuk digunakan kembali dalam berbagai program yang berbeda. Inti bahasa C + + sebenarnya sangat kecil dan minimalis - Namun, C + + datang dengan sekelompok perpustakaan, yang dikenal sebagai C + + perpustakaan standar, yang menyediakan programmer dengan banyak fungsionalitas tambahan. Sebagai contoh, perpustakaan iostream berisi fungsi untuk melakukan input dan output. Selama tahap link dari proses kompilasi, perpustakaan dari perpustakaan C + + standar perpustakaan adalah dukungan runtime yang terhubung ke dalam program (ini akan dibahas lebih lanjut dalam pelajaran 1.4).
Mengambil melihat contoh program
Sekarang bahwa Anda memiliki pemahaman singkat tentang apa pernyataan, fungsi, dan perpustakaan, mari kita lihat program dunia yang sederhana halo.
Mempertimbangkan program hello world kami:

#include <iostream>

int main()
{
   using namespace std;
   cout << "Hello world!" << endl;
   return 0;
}

Jalur 1 adalah tipe khusus dari pernyataan yang disebut preprocessor directive. Preprocessor arahan memberitahu compiler untuk melakukan suatu tugas khusus. Dalam hal ini, kita mengatakan kepada kompiler bahwa kami ingin menggunakan perpustakaan iostream. Perpustakaan iostream berisi kode yang memberitahu compiler apa pengadilan dan endl lakukan. Dengan kata lain, kita perlu menyertakan perpustakaan iostream untuk menulis ke layar.
Jalur 3 demikianlah (utama) fungsi, yang seperti yang Anda pelajari di atas, adalah wajib. Setiap program harus memiliki (utama) fungsi.
Jalur 4 dan 8 memberitahu compiler yang garis merupakan bagian dari fungsi utama. Semuanya antara penjepit pembukaan kurawal pada baris 4 dan menutup kurung kurawal pada baris 8 dianggap bagian dari fungsi (utama).
Baris 5 adalah pernyataan pertama kami (Anda dapat mengatakan itu karena pernyataan itu berakhir dengan titik koma). Seperti yang Anda pelajari dalam penjelasan untuk baris 1, pengadilan dan endl hidup di dalam perpustakaan iostream. Namun, dalam iostream, mereka hidup dalam kompartemen khusus bernama std (singkat untuk standar). Pernyataan ini menggunakan memberitahu compiler untuk melihat ke dalam sebuah kompartemen yang bernama std jika tidak dapat menemukan pengadilan atau endl didefinisikan di tempat lain. Dengan kata lain, pernyataan ini juga perlu sehingga compiler dapat menemukan pengadilan dan endl, yang kita gunakan pada baris 6.
Line 6 adalah pernyataan output kami. Pengadilan adalah objek khusus yang mewakili konsol / layar. Para <<simbol operator (seperti + adalah operator) disebut operator keluaran. Pengadilan memahami bahwa segala yang dikirim ke melalui operator <<harus dicetak di layar. Endl adalah simbol khusus yang bergerak kursor ke baris berikutnya.
Baris 7 adalah jenis baru pernyataan, yang disebut pernyataan kembali. Ketika sebuah program dieksekusi selesai berjalan, ia akan mengirimkan nilai ke sistem operasi yang menunjukkan apakah itu berjalan dengan sukses atau tidak. Nilai kembali dari main () digunakan untuk tujuan ini. Ini pernyataan kembali khususnya mengembalikan nilai 0 untuk sistem operasi, yang berarti "segalanya berjalan baik-baik saja!". Non-nol angka biasanya digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang tidak beres, dan program harus membatalkan. Kita akan membahas pernyataan kembali secara lebih rinci ketika kita membahas fungsi.

 

KOMENTAR JANGAN SPAM YA ;)

Posting Komentar

terima kasih atas komentar nya...

  ©KUTU BLOG - Berbagi ilmu aja gan!!!

Template by 7SAGE | keatas gan